Jumat, 24 Desember 2010

Memperpanjang Umur Battery Laptop


Tentunya anda ingin bila Battery Laptop anda awet dan tahan lama alias masih dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama. Battery Laptop adalah komponen yang paling penting bagi Laptop terutama disaat mendesak ketika mati lampu atau listrik padam. Terlebih lagi bila anda berada di kawasan proyek yang sedang dibangun sehingga tidak ada lampu dan anda memerlukan Laptop anda untuk mengkases data-data tertentu. Tentunya anda membutuhkan daya Battery bukan. Nah, disini saya memberikan tips untuk memperpanjang umur battery laptop anda sehingga anda dapat bekerja lebih lma dengan menggunakan Battery<!--more--> . Berikut ulasannya :
Ketika bekerja dengan Battery, lepaskan AC Adaptor dari Laptop anda. Karena dengan melepaskan AC Adaptor, maka Battery anda tidak akan dialiri listrik secara terus menerus sehingga menyebabkan cell pada Battery menjadi bocor dan aus sehingga kemampuan menyimpan daya akan lebih awet.
Ketika Battery sudah low, lebih baik matikan Laptop anda dan pasang AC Adaptor, jangan nyalakan ketika sedang mencharging sebab jika anda nyalakan, maka Laptop akan bekerja dengan menyerap daya Battery dan Battery tidak akan terisi sebab listrik memerlukan beberapa waktu untuk melakukan pengisian ke dalam cell-cell Battery. Dengan demikian Battery akan mengalami kebocoran karena listrik yang tersimpan di dalam cell akan langsung diserap oleh Laptop.
Ketika Battery sudah penuh, lepaskan AC Adaptor dari Laptop anda dan gunakan untuk bekerja sesuai dengan kepentingan anda. Ketika Battery sudah low, lakukan lagi seperti step 2 diatas.
Gunakan program seperti Battery Care untuk dapat memantau daya pada Battery anda, Jika Battery low, penuh bahkan kritis, anda akan diberi notifikasi oleh Battery Care. Anda juga dapat melihat temperature harddisk anda dengan Battery Care. Memang dengan Windows Energy icon, anda juga akan diberi pemberitahuan bahwa Battery anda low, namun ketika Battery penuh, Windows Energy icon tidak akan memberitahukananda dalam bentuk notifikasi sehingga anda akan mengalami kealpaan yang akan membuat Battery Laptop anda menjadi bocor.
Pada akhirnya Battery anda akan usang pada waktunya. Jika ada notifikasi Consider replace your Battery disetai dengan lambing X pada Windows Energy Icon yang terdapat di Tray, segera ganti Battery anda dengan Battery yang baru yang sudah ditentukan dan disetujui oleh Produsen Laptop anda. Jika anda tidak segera mengganti Battery anda, maka jangan kaget bila Laptop anda tidak menyala lagi kecuali dengan melepaskan Battery anda yang rusak tersebut dan memasang AC Adaptor.
Untuk memastikan Battery baru yang anda beli itu disetujui atau tidak, anda dapat menghubungi costumer services dari Produsen Laptop anda. Misalnya Laptop yang saya Gunakan adalah TOSHIBA Portege M600, maka saya harus mengunjungi situs resmi TOSHIBA di www.toshiba.com untuk menanyakan Costumer Services tentang Battery saya yang baru untuk memastikan bahwa Battery saya itu original dan disetujui atau tidak.
Atau jika anda kesulitan menghubungi Costumer Services dari produsen anda karena anda kurang mahir berbahasa Inggris, anda dapat meminta tolong orang disekitar anda atau dengan cara lain yaitu anda membuka Rekening Online dengan menggunakan PayPal dan memesan serta membeli secara online dari situs Produsen Laptop anda karena anda akan mendapatkan Battery yang benar-benar original. Anda hanya perlu membayar harga barang dan jasa pengiriman.
Anda harus ingat bahwa 75% Battery yang berada di pasaran adalah Battery palsu atau tiruan dan hanya akan merusak Laptop anda. Selain itu, harga Battery palsu yang beredar di pasaran lebih mahal dibandingkan Battery aslinya. Mungkin itu sedikit saja tips dari saya untuk memperpanjang umur Battery anda. Battery saya yang sudah leih dari 3 tahun saja masih bertahan lama sampai sekarang dikarenakan tips diatas tersebut. Nah, kenapa anda tidak mencoba ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar